Hubungan antara Sikap Pedagang Tentang Etika Promosi Terhadap Niat dan Perilaku Penjualan Rokok

Authors

  • Riantina Luxiarti STIkes Mahardika Cirebon
  • Eko Maulana Syaputra Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v5i2.105

Keywords:

merokok, theory of planned behavior, Sikap, Rokok

Abstract

Latar Belakang : Sebagian besar remaja mulai merokok sebelum usia 18 tahun (WHO, 2015). Sekitar 70-80% remaja di Indonesia terpapar iklan rokok dari berbagai media (Widjarnako, 2014). Kemudahan akses untuk memperoleh rokok turut menjadi faktor penguat perilaku merokok remaja. Indonesia mengatur peredaran dan promosi rokok dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012. Berdasarkan observasi, terdapat pedagang yang melanggar peraturan tersebut. Pelanggaran tersebut dapat dikaji dengan menggunakan theory of planned behavior. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional. Terdapat 2 lokasi penelitian, di daerah pertokoan di Kota Yogyakarta. Sampel adalah pedagang yang berjualan 100 meter di sekitar SMP atau SMA di lokasi penelitian. Sebanyak 71 responden diambil secara totality sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan wawancara serta observasi. Hasil : Hasil uji chi-square menunjukkan, terdapat hubungan yang bermakna antara sikap tentang  etika promosi rokok dengan niat (RP: 1,66) dan perilaku (RP: 1,29) menjual rokok kepada anak usia di bawah 18 tahun. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara sikap pedagang tentang etika promosi rokok dengan niat dan perilaku menjual rokok ke anak usia di bawah 18 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Riantina Luxiarti and Syaputra, E. M. (2020) “Hubungan antara Sikap Pedagang Tentang Etika Promosi Terhadap Niat dan Perilaku Penjualan Rokok ”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), pp. 69–74. doi: 10.31943/afiasi.v5i2.105.

Issue

Section

Articles