Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Thalassemia Di RSUD Kabupaten Indramayu

Authors

  • heny ramayani 3 Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • tayong siti nurbaeti Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • sutangi Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v3i1.11

Keywords:

Pasien thalassemia, Kualitas pelayanan rawat jalan, Kepuasan pasien

Abstract

Pasien thalassemia adalah pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara rutin dan terus menerus selama hidupnya. Kualitas pelayanan rawat jalan menentukan keberhasilan pengobatan dan perawatan pasien thalassemia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik pasien thalassemia, gambaran kualitas pelayanan rawat jalan, tingkat kepuasan pasien thalassemia, dan hubungan kualitas pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien thalassemia di RSUD Kabupaten Indramayu.

Jenis penelitiannya adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasilnya karakteristik pasien thalassemia sebanyak 40 orang 71,4% adalah anak-anak, 36 orang 64,3% berjenis kelamin perempuan dan  36 orang 64,3% berpendidikan SD.  Kualitas pelayanan rawat jalan di RSUD Kabupaten Indramayu 67,9% pasien merasa sudah baik, dan 32,1% merasa masih kurang baik. Dari 56 orang responden 64,3% pasien merasa puas terhadap pelayanan rawat jalan dan hanya 35,7% merasa kurang puas. Ada hubungan antara kualitas pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien thalassemia di RSUD Kabupaten Indramayu. Kualitas pelayanan rawat jalan di RSUD Indramayu sudah baik dan sebagian besar pasien thalassemia merasa puas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-25

How to Cite

ramayani, heny, siti nurbaeti, tayong and sutangi (2018) “Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Thalassemia Di RSUD Kabupaten Indramayu ”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), pp. 1–7. doi: 10.31943/afiasi.v3i1.11.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)