Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak di TK Islam H.M. Asyik Makassar

Authors

  • Herman Hatta Program Studi Ilmu Gizi Universitas Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v3i3.27

Keywords:

Status gizi anak, asupan gizi, pengetahuan, pendapatan keluarga

Abstract

Status gizi yang baik pencapaiannya tidak hanya dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja. Dalam hal ini gizi ternyata sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan perkembangan balita. Agar perencanaan upaya peningkatan status gizi penduduk dapat dilakukan dengan baik, semua aspek yang berpengaruh perlu diteliti, diantaranya adalah program pemberian makanan tambahan, daya beli keluarga, kebiasaan makan balita, pemeliharaan kesehatan keluarga serta pola asuh keluarga. Tujuan penelitian yaitu menetahui faktor yang berhubungan dengan status gizi anak di TK Islam H.M. Asyik Makassar.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasional dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak yang ada di TK Islam H.M Asyik Makassar sebanyak 69 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah semua anak yang ada di TK Islam H.M. Asyik Makassar yang dipilih dengan cara Exhaustic Sampling (total sampel) sebanyak 69 anak. Analisis data bertahap dari univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square.

 

Hasil penelitian menunjukkan asupan gizi (p value=0,000), pengetahuan (p value=0,000),dan pendapatan keluarga (p value=0,000) berhubungan dengan status gizi anak. Kesimpulan bahwa asupan gizi, pengetahuan, dan pendapatan keluarga berhubungan dengan status gizi anak di TK Islam H.M. Asyik Makassar tahun 2018.

 

Saran bagi ibu dan pengasuh sebaiknya lebih menambah pengetahuan mengenai gizi anak dan keluarga serta lebih memperhatikan asupan makanan yang di komsumsi oleh anak, agar status gizi anak berada dalam ketegori status gizi baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-25

How to Cite

Hatta, H. . (2018) “Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak di TK Islam H.M. Asyik Makassar”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(3), pp. 87–92. doi: 10.31943/afiasi.v3i3.27.

Issue

Section

Articles