Hubungan Faktor Predisposisi dan Faktor Pendorong dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Karyawan SPBE di Indramayu

Authors

  • Fina Sofiana Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • Sutangi Sutangi Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • Tayong Siti Nurbaeti Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra

Keywords:

Pengetahuan, Pengawasan, Hukuman, Penghargaan, Perilaku Penggunaan APD

Abstract

Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan, terjadi secara tiba-tiba. Data dari Internasional Labour Organization (ILO) juga mencatat, setiap hari terjadi sekitar 6.000 kecelakaan kerja fatal di dunia. Penggunaan APD merupakan tahap akhir dari metode pengendalian bahaya. Manfaat menggunakan APD saat bekerja sangat besar dalam mencegah kecelakaan kerja, namun dalam kenyataannya masih banyak pekerja yang tidak menggunakan APD dengan baik dan sesuai dengan potensi bahaya pada saat bekerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan SPBE di Indramayu sebanyak 70 orang. Analisis yang digunakan yaitu uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pengetahuan (P-value 0.002), pengawasan (P-value 0,000), hukuman (P-value 0,000), dan penghargaan (P-value 0,002) berhubungan dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pengetahuan, pengawasan, hukuman dan penghargaan dengan penggunaan APD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-28

How to Cite

Sofiana, F. ., Sutangi, S. and Siti Nurbaeti, T. . (2017) “Hubungan Faktor Predisposisi dan Faktor Pendorong dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Karyawan SPBE di Indramayu ”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), pp. 53–59. Available at: https://afiasi.unwir.ac.id/index.php/afiasi/article/view/48 (Accessed: 20 April 2024).

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)