Hubungan Kontrol Perilaku yang Dirasakan dengan Niat dan Perilaku Adaptasi Kebiasaan Baru Generasi Milenial di Kota Cirebon

  • Riantina Luxiarti STIkes Mahardika Cirebon
Keywords: Kontrol perilaku yang dirasakan, Niat, Perilaku

Abstract

Pencegahan Covid 19 menggunakan vaksin masih jauh dari tareget., sehingga langkah yang harus ditempuh adalah menerapkan protocol kesehatan secara ketat yang dikenal dengan adaptasi kebiasaan baru. Pada kenyataannya AKB belum bisa diterapkan secara benar oleh masyarakat. Terlihat dari perilaku masyarakat yang belum mengedepankan protokol kesehatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan di wilayah Kota Cirebon, terdapat banyak masyarakat yang belum menggunakan masker. Tidak menjaga jarak pada saat berada di tempat umum ataupun keramaian, tidak mematuhi tanda silang. Tidak mencuci tangan meskipun telah tersedia fasilitas mencuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahuin hubungan kontrol perilaku yang dirasakan dengan niat dan perilaku adaptasi kebiasaan baru. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh generasi milenial yang berada di kecematan Harjamukti Kota Cirebon dengan jumlah sebesar 21628 Jiwa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 responden. Pengambilan sampel melalui teknik accidental sampling. Analisa data menggunakan Uji-Chisquare. Hasil; Ditemukan bahwa ada hubungan yang signifikasn anatara kontrol perilaku yang di rasakan dengan penerapan niat adaptasi kebiasaan baru dengan nilai p value 0.019 dan  ada hubungan yang siginifikan antara kontolr perilaku yang dirasakan dengan penerapan perilaku adaptasi kebiasaan baru dengan p value, 0.002. Kesimpulan: Kontrol perilaku yang dirasakan secara statistik berhubungan dengan penerapan niat dan perilaku  adaptasi kebiasaan baru generasi milenial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-02
How to Cite
Riantina Luxiarti (2021) “Hubungan Kontrol Perilaku yang Dirasakan dengan Niat dan Perilaku Adaptasi Kebiasaan Baru Generasi Milenial di Kota Cirebon”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), pp. 134-141. doi: 10.31943/afiasi.v6i2.163.
Section
Articles