Evaluasi Penerapan Chemical Handling di Area Produksi Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT Pupuk Kalimantan Timur

Authors

  • Rizka Khawari Aulia
  • Meirina Ernawati Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v3i2.19

Keywords:

chemical handling, Globally Harmonized System

Abstract

Chemical handing merupakan langkah upaya pencegahan terhadap bahaya yang ditimbulkan dari zat kimia. Industri petrokimia sebagai industri yang bergerak dalam pengolahan bahan kimia sangat diperlukan upaya pencegahan tersebut, maka kesesuaian setiap langah dalam prosedur perlu diterapkan agar proses produksi berjalan dengan aman dan terhindar dari kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelengkapan dan kesesuaian penerapan chemical handling yang dilakukan di PT Pupuk Kaltim dengan kesesuaian peraturan yang berlaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi deskriptif. Populasi penelitian adalah operatir di setiap unit area produksi yang meliputi unit amoniak, urea dan utility. Sumber data diperoleh dari pengamatan di lapangan dan wawancara langsung kepada operator yang bertugas. Variabel yang diteliti adalah dari karakteristik bahan kimia yang digunakan di area produksi, aspek pictogram Globally Harmonized Sistem (GHS), kompatibilitas bahan kimia, tata letak penyimpanan bahan kimia. Hasil dari penerapan chemical handling telah berjalan dengan baik, namun dalam tahapan penyimpanan tata letak bahan kimia masih ditemukan bahan kimia yang seharusnya tidak boleh dilakukan penyimpanan di satu tempat yang sama. Saran untuk PT Pupuk Kaltim perlu dilakukan pembuatan tabel kompatibilitas bahan kimia beserta langkah antisipasinya dan ditempel di setiap chemical shelter atau tempat penyimpanan bahan kimia sebagai informasi sifat bahan kimia yang disimpan di tempat tersebut, agar para operator yang bekerja dapat mengetahui penanganan yang sesuai dengan bahan kimia tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-23

How to Cite

Khawari Aulia, R. . and Ernawati, M. . (2018) “Evaluasi Penerapan Chemical Handling di Area Produksi Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT Pupuk Kalimantan Timur”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(2), pp. 57–68. doi: 10.31943/afiasi.v3i2.19.

Issue

Section

Articles