Studi Komparatif Tingkat Stress, Kualitas Tidur dan Interaksi Sosial pada Lansia yang Tinggal di Komunitas dan Lansia Penghuni UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh

Authors

  • Wardiati Yusuf Univ. Muhammadiyah Aceh
  • Humairah Lutfia FKM Univ. Muhammadiyah Aceh
  • Nopa Arlianti FKM Univ. Muhammadiyah Aceh
  • Putri Ariscasari FKM Univ. Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v7i1.192

Keywords:

Komunitas, Lansia, Panti jompo

Abstract

Proses penuaan pada manusia menimbulkan berbagai permasalahan diantaranya adalah permasalahan psikologis, gangguan tidur dan penarikan diri dari lingkungan. Berbagai hasil penelitian telah menemukan hubungan permasalahan-permasalahan yang dialami lansia tersebut berkaitan erat dengan kondisi tempat tinggal lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stress, kualitas tidur dan interaksi sosial pada lansia yang tinggal di komunitas dan panti sosial UPTD Rumoeh Seujahtera GEunaseh Sayang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang. Populasi terdiri dari lansia yang tinggal di panti dan lansia yang tinggal di Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. Sampel lansia yang tinggal di panti ditetapkan dengan menggunakan metode total populasi. Sedangkan sampel lansia yang tinggal di komunitas ditetapkan dengan metode purposive sampling dengan rasio 1:1. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dan uji statistik yang digunakan adalah Mann whitney. Hasil penelitian menemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kualitas tidur dan interaksi sosial pada kedua kelompok yang diteliti (p-value: >0.05). Sedangkan variabel tingkat stress memperlihatkan perbedaan yang bermakna (p-value: 0.001). Diharapkan kepada keluarga untuk dapat memperhatikan permasalahan-permasalahan yang dapat memicu stress pada lansia, dan kepada pemerintah diharapkan dapat menyediakan program-program yang dapat mencegah kejadian stress pada lansia terutama lansia yang tinggal di komunitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Yusuf, W., Lutfia, H., Arlianti, N. and Ariscasari, P. (2022) “Studi Komparatif Tingkat Stress, Kualitas Tidur dan Interaksi Sosial pada Lansia yang Tinggal di Komunitas dan Lansia Penghuni UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), pp. 209–217. doi: 10.31943/afiasi.v7i1.192.

Issue

Section

Articles