Analisis Implementasi Kebijakan Manajemen Tata Kelola Di Rumah Sakit Mitra Medika Medan Amplas

Authors

  • Setia Megawati Hutajulu Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Nuraini Nuraini Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Ramadhani Syafitri Nasution Institut Kesehatan Helvetia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v9i2.383

Keywords:

kuntabilitas, Kemandirian, Kewajaran, Responsibilitas, Tata Kelola, Transparansi

Abstract

Tata kelola merupakan sistem tata kelola dalam melaksanakan manajemen yang baik dan dapat membantu dalam uapaya meningkatkan kinerja perusahaan dan kualitas pelayanan khususnya perusahaan rumah sakit yang memberikan pelayanan jasa kesehatan kepada masyarakat, penerapan tata kelola yang baik pada perusahaan menjadi salah satu faktor yang mendukung perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan inovasi manajemen, Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan aspek tata kelola seperti aspek transparansi, akuntabilitas, responslibilitas, kemandirian, kewajaran dan hambatan yang dighadapi, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan membuktikan fenomena dalam permasalahan penelitian Informan penelitian sebanyak 6 orang termasuk direktur, kepala bagian keuangan, SDM, komite mutu, kepala keperawatan dan perawat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan tata kelola di rumah sakit Mitra Medika Amplas pada aspek transparansi sudah berjalan namun belum dilakukan secara keseluruhan karena banyak aspek yang bersifat privasi rumah sakit, dalam pelaksanaan akuntabilitas rumah sakit sudah menjalankan sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku, dalam pelaksanaan aspek responsibilitas bahwa rumah sakit sudah melaksanakan aseperti SDM kesehatan sudah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan profesinya masing-masing, pada aspek kemandirian bahwa rumah sakit dapat melaksanakan segala sesuatu secara mandiri, dalam aspek kewajaran bahwa rumah sakit sudah melaksanakan dan memperlakukan seluruh karyawan dengan wajar dan adil.

Saran dalam penelitian ini adalah perlu melaksanakan aspek transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian dan kewajaran dapat lebih dilaksanakan lebih baik lagi dan secara keseluruhan serta dapat sebagai sasaran dalam pelaksanaan audit internal rumah sakit Mitra Medika Amplas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Hutajulu, S. M., Nuraini, N. and Nasution, R. S. . (2024) “Analisis Implementasi Kebijakan Manajemen Tata Kelola Di Rumah Sakit Mitra Medika Medan Amplas”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), pp. 179–186. doi: 10.31943/afiasi.v9i2.383.

Issue

Section

Articles