Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Pengguna Mobile JKN Di Rumah Sakit Umum Daerah Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Humbang Hasundutan Tahun 2024

Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Pengguna Mobile JKN Di Rumah Sakit Umum Daerah Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Humbang Hasundutan Tahun 2024

Authors

  • Kino Siboro Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesehatan Baru
  • Dewi Ayu Lestari Hutagaol Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesehatan Baru
  • Megasilvia Sinaga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesehatan Baru
  • Dika Emersaida Purba Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesehatan Baru

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v9i3.425

Keywords:

E- Service Quality, JKN, Mobile JKN, Service Satisfaction

Abstract

Aplikasi JKN mobile merupakan trobosan terbaru BPJS dalam bentuk mobile application yang memudahkan penggunanya untuk melakukan kegiatan administrasi di fasilitas layanan kesehatan seperti pendaftaran online dan akses informasi lain terkai kepesertaan, tagihan, fasilitas rujukan tingkat lanjut dimana saja dan kapan saja, serta memudahkan pengguna mobile JKN untuk menyampaikan saran ataupun keluhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality terhadap kepuasan layanan pendaftaran pasien BPJS pengguna aplikasi Mobile JKN. Sampel penelitian ini terdiri dari 96 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan derajat kebebasan (df) sebesar 1 dan nilai tabel chi-square sebesar 3.841. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa dimensi E-Service Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan layanan, sementara yang lainnya tidak. Dimana, bukti fisik dengan nilai chi-square hitung (x²) 6.259, ≥ nilai tabel chi-square (3.841), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Keandalan dengan nilai chi-square hitung (x²) 4.909, ≥ nilai tabel chi-square (3.841), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Tanggapan dengan nilai chi-square hitung (x²) 5.014 ≥ nilai tabel chi-square (3.841), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Namun, empati tidak berpengaruh dengan nilai chi- square hitung (x²) 3.262 < nilai tabel chi-square (3.841), sehingga hipotesis nol (Ho) diterima. Jaminan tidak berpengaruh signifikan dengan nilai chi-square hitung (x²) 0.849, < nilai tabel chi-square (3.841), sehingga hipotesis nol (Ho) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bukti fisik, keandalan, dan tanggapan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan layanan pendaftaran pasien BPJS pengguna aplikasi Mobile JKN, sedangkan empati dan jaminan tidak memiliki pengaruh signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Siboro, K. (2024) “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Pengguna Mobile JKN Di Rumah Sakit Umum Daerah Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Humbang Hasundutan Tahun 2024: Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Pengguna Mobile JKN Di Rumah Sakit Umum Daerah Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Humbang Hasundutan Tahun 2024”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(3), pp. 241–251. doi: 10.31943/afiasi.v9i3.425.

Issue

Section

Articles