Kelelahan Mata (Asthenopia) Pada Pekerja Pengguna Komputer di PT PLN APP Cirebon

  • Sri Rahayu Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • Sarinah Basri K Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
Keywords: Kelelahan mata (Asthenopia), usia, masa kerja, durasi, jarak, tingkat pencahayaan, PLN APP Cirebon

Abstract

Kelelahan mata (Asthenopia) merupakan kumpulan gejala ketegangan pada mata akibat otot-otot mata yang dipaksa bekerja keras pada saat melihat objek dekat dalam waktu yang lama seperti pada saat bekerja di depan layar komputer atau Video Display Terminal (VDT). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat faktor yang berhubungan dengan usia, masa kerja, durasi, jarak, tingkat pencahayaan dengan kelelahan mata (Asthenopia) pada pekerja pengguna komputer di PT PLN APP Cirebon Tahun 2017.

Rancangan penelitian menggunakan Cross Sectional dengan jumlah sampel 40 pekerja pengguna komputer. Uji Fisher’s Test digunakan  untuk analisis data uji statistik dengan nilai keyakinan 95 % dan tingkat kemaknaan α (0,05). Variabel yang diteliti adalah faktor usia, masa kerja, durasi, jarak, dan tingkat pencahayaan. Pengumpulan data peneliti menggunakan kuisioner, lux meter, dan meteran.

Hasil penelitian menggunakan uji Fisher’s Test untuk usia, jarak, dan tingkat pencahayaan didapatkan P-Value = 0,021, P-Value = 0,027, dan P-Value = 0,043 karena P-Value < 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya ada hubungan antara usia, jarak dan tingkat pencahayaan dengan kelelahan mata (Asthenopia). Sedangkan untuk masa kerja, durasi penggunaan komputer hasil uji statistik menggunakan Fisher’s Test didapatkan P-Value = 0,705, P-Value = 0,256 karena P-Value > 0,05  sehingga H0 diterima, artinya tidak ada hubungan antara masa kerja dan durasi penggunaan komputer dengan kelelahan mata (Asthenopia).

Published
2017-12-29
How to Cite
Rahayu, S. and Basri K, S. (2017) “Kelelahan Mata (Asthenopia) Pada Pekerja Pengguna Komputer di PT PLN APP Cirebon ”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(3), pp. 89-96. Available at: https://afiasi.unwir.ac.id/index.php/afiasi/article/view/53 (Accessed: 21September2019).
Section
Articles