HUBUNGAN ANTARA USIA MENARCHE DAN RIWAYAT PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DENGAN MENOPOUSE DINI PADA LANSIA DI DESA DUKUH INDRAMAYU

  • Tutin Marlia Akper Saifuddin Zuhri
Keywords: Menopouse, lansia

Abstract

Waktu terjadinya menopouse pada setiap wanita berbeda-beda, sebagian besar wanita mengalami menopouse secara alamiah yaitu menopouse yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia dan akibat dari penurunan organ reproduksi. Rata-rata usia menopause terjadi pada usia 51,4 tahun. Banyak faktor yang berhubungan dengan terjadinya menopause. Beberapa faktor tersebut yaitu usia pertama kali mendapat haid (menarche), stres, pemakaian metode kontrasepsi, status keluarga (seperti status perkawinan, jumlah anak dan usia saat melahirkan anak terakhir), riwayat keluarga, pekerjaan, pendapatan, merokok, dan minum alkohol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Usia Menarche dan Riwayat Penggunaan Alat Kontrasepsi Dengan Menopouse Dini. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain survei analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional.Tehnik sampling dalam penelitian menggunakan total samplingberjumlah 57 responden. Hasil penelitian Terdapat hubungan yang signifikan dari faktor usia menarche dengan menopouse dini dengan nilai p 0.007 dan tidak terdapat hubungan antara riwayat penggunaan alat kontrasepsi dengan menopouse dini dengan nilai p 0.98. Penelitian ini masih terbatas, perlu adanya pengembangan dan pendalaman dalam menganalisis setiap variabelnya ataupun perlu menambah dengan variabel lain. Begitupun variabel lain yang dapat diteliti misalkan riwayat aktivitas, status gizi, riwayat melahirkan anak pertama dan lain-lain.Penelitian ini dilakukan pada lansia yang dapat memungkinkan ingatan lansia mengalami penurunan, sehingga untuk mendapatkan informasi yang akurat perlu melibatkan anggota keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-01
How to Cite
Marlia, T. (2021) “HUBUNGAN ANTARA USIA MENARCHE DAN RIWAYAT PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DENGAN MENOPOUSE DINI PADA LANSIA DI DESA DUKUH INDRAMAYU”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), pp. 94-102. doi: 10.31943/afiasi.v6i2.168.
Section
Articles