Community Diagnosis Penyakit Diabetes Melitus di RT 01, 02, dan 03 RW 033 Pedukuhan Tegaltandan, Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Authors

  • Rosyidah Rosyidah
  • Zulfa Dinayah Effendy Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UAD, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Anggi Septya Anggreini Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UAD, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Riskiani Kristia Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UAD, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Tamira Kesuma Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UAD, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Karimatul Khalidah Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UAD, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Nur Wanda Fatikasari Faroland Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UAD, Daerah Istimewa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v8i2.296

Keywords:

Diabetes Melitus, PROLANIS, Community Diagnosi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan community diagnosis terkait penyakit Diabetes Melitus (DM) dengan mengidentifikasi 10 besar masalah kesehatan yang paling signifikan serta merumuskan alternatif pemecahan masalah melalui metode USG (Upaya Kesehatan Sekolah), SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), serta melibatkan penyuluhan, pemeriksaan tekanan darah, dan leaflet sebagai intervensi. Analisis data dilakukan dengan mengaplikasikan metode USG yang terdiri dari langkah-langkah pengumpulan data primer dan sekunder untuk mendapatkan gambaran komprehensif mengenai masalah kesehatan yang dihadapi komunitas terkait diabetes melitus. Kemudian, metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang relevan dalam upaya mengatasi masalah diabetes di komunitas ini. Hasil penelitian menunjukkan 10 besar masalah kesehatan terkait diabetes melitus di antaranya adalah rendahnya kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat, kurangnya pemahaman mengenai manajemen diabetes, akses terbatas terhadap layanan kesehatan, dan pola makan yang tidak seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Rosyidah, R., Effendy, Z. D. ., Anggreini, A. S. ., Kristia, R. ., Kesuma, T. ., Khalidah, K. . and Faroland, N. W. F. . (2023) “Community Diagnosis Penyakit Diabetes Melitus di RT 01, 02, dan 03 RW 033 Pedukuhan Tegaltandan, Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), pp. 481–492. doi: 10.31943/afiasi.v8i2.296.

Issue

Section

Articles