Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Personal Hygiene Organ Reproduksi Saat Menstruasi Pada Siswi SMAN 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Tahun 2023

Authors

  • Rizqa Aufa Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Radhiah Zakaria Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Dedi Andria Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v9i1.333

Abstract

Personal Hygiene organ reproduksi merupakan perawatan khusus pada alat kelamin luar yang dilakukan oleh wanita untuk memelihara kesehatannya terutama saat menstruasi. Dampak yang akan terjadi apabila perilaku personal hygiene tidak dilakukan antara lain remaja putri tidak dapat memenuhi kebersihan alat reproduksinya sehingga dapat terkena infeksi saluran kemih, keputihan dan gangguan kesehatan reproduksi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku personal hygiene alat reproduksi. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi seluruh siswi kelas 1 dan 2 SMAN 1 Lhoknga yang berjumlah 97 siswi dan sampel berjumlah 97siswi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat dan bivariate dengan menggunakan analisis chi-square melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan sumber (p-value=0.264), peran orang tua (p-value=0.000), pengetahuan (p-value=0.324), sikap (p-value=0.002) dan peran teman sebaya (p-value=456). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan peran orang tua dan sikap dengan perilaku personal hygiene alat reproduksi saat menstruasi pada siswi SMAN1 lhoknga dan tidak adanya hubungan antara sumber informasi, pengetahuan dan sikap terhadap perilaku personal hygiene alat reproduksi saat menstruasi pada siswi SMAN 1 Lhoknga. Pihak sekolah diharapkan dapat bekerja sama dengan tenaga kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan kesehatan terutama tentang kesehatan reproduksi kepada siswi-siswi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aufa, R. ., Zakaria , R. . and Andria , D. . (2024) “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Personal Hygiene Organ Reproduksi Saat Menstruasi Pada Siswi SMAN 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Tahun 2023”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), pp. 56–63. doi: 10.31943/afiasi.v9i1.333.

Issue

Section

Articles