Hubungan Status Gizi dengan Kelelahan Kerja Pada Karyawan Stasiun Pengisian Bulk Elpiji di Indramayu

  • Esti Diana Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • Aman Evendi Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • Ismail Ismail Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
Keywords: Status gizi, kelelahan kerja

Abstract

Kelelahan dapat diartikan suatu kondisi yang berbeda setiap individu tetapi semua individu tersebut mengalami kehilangan efisiensi, penurunan kapasitas kerja dan ketahanan tubuh. Kelelahan kerja merupakan bagian dari permasalahan umum yang sering dijumpai pada tenaga kerja. Menurut beberapa peneliti, kelelahan secara nyata dapat mempengaruhi kesehatan tenaga kerja dan dapat menurunkan produktivitas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 40 karyawan. Variabel yang diteliti adalah status gizi dengan kelelahan kerja. Untuk analisis data uji statistik digunakan Uji Fisher’s Exact Test . Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner KAUPK2, timbangan berat badan dan meteran.

Hasil nilai Fisher’s Exact Test diperoleh nilai sebesar (P-value) 0,006 (P-value < 0,05) sehingga Ho ditolak  dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan kelelahan kerja pada karyawan bagian filling hall area stasiun pengisian bulk elpiji di Indramayu.

Published
2017-12-29
How to Cite
Diana, E., Evendi, A. and Ismail, I. (2017) “Hubungan Status Gizi dengan Kelelahan Kerja Pada Karyawan Stasiun Pengisian Bulk Elpiji di Indramayu ”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(3), pp. 84-88. Available at: https://afiasi.unwir.ac.id/index.php/afiasi/article/view/51 (Accessed: 21September2019).
Section
Articles