PENGARUH PENYULUHAN BAHAYA MEROKOK DENGAN PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MEROKOK PADA PEKERJA DI PT ELNUSA TBK WAREHOUSE KARANGAMPEL TAHUN 2019

  • Khanifah Khanifah prodi kesehatan masyarakat universitas wiralodra
  • Aman Evendi Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
  • Eko Maulana Syaputra Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra
Keywords: Penyuluhan Bahaya Merokok, Pengetahuan Pekerja, Sikap Pekerja.

Abstract

PT Elnusa Tbk Warehouse Karangampel merupakan perusahaan nasional  yang menguasai kompetensi di bidang jasa minyak dan gas bumi. Jumlah mayoritas pekerja berjenis kelamin laki – laki mengakibatkan jumlah konsumsi rokok di PT Elnusa Tbk meningkat. Kondisi tersebut mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit akibat kerja, diantaranya yaitu kasus penyakit jantung koroner yang bisa mengakibatkan kematian mendadak.

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan Bahaya Merokok Dengan Perubahan Pengetahuan dan Sikap Merokok Pada Pekerja di PT Elnusa Tbk Warehouse Karangampel Tahun 2019.

Metode Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan menggunakan desain one group pretest and posttest design. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 pekerja. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh populasi yang bersedia. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon.

Hasil penelitian yaitu Ada pengaruh antara penyuluhan bahaya merokok dengan perubahan pengetahuan dan sikap merokok pada pekerja di PT Elnusa Tbk Warehouse Karangampel dengan Sig (2-tailed) 0,000 (< α = 0,05).

Sebaiknya perusahaan selalu memberikan informasi berupa penyuluhan dengan media visual berupa X-Benner atau Roll Benner untuk pekerjanya baik tentang bahaya-bahaya merokok maupun tentang cara untuk berhenti merokok dan pihak perusahaan memperketat kebijakan tentang larangan merokok di tempat kerja kecuali tempat-tempat khusus yang sudah disediakan dengan cara memberikan sanksi sesuai dengan kesepakatan bersama.

Published
2019-09-02
How to Cite
Khanifah, K., Evendi, A. and Syaputra, E. M. (2019) “PENGARUH PENYULUHAN BAHAYA MEROKOK DENGAN PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MEROKOK PADA PEKERJA DI PT ELNUSA TBK WAREHOUSE KARANGAMPEL TAHUN 2019”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), pp. 47-54. doi: 10.31943/afiasi.v4i2.59.
Section
Articles