Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pengisian Air Minum Dalam Kemasan Di PT Bharata Sakti Persada Indramayu Tahun 2021

Authors

  • ade rahmawati kesehatan masyarakat universitas wiralodra
  • Rizka Amalianah
  • Sutangi

Keywords:

Jenis Kelamin, umur, masa kerja, kelelahan kerja

Abstract

Latar Belakang: Kelelahan adalah keadaan yang disertai penurunan efisiensi dan ketahanan dalam bekerja. Kelelahan menunjukkan kondisi yang berbeda-beda dari setiap individu, tetapi semuanya bermuara pada kehilangan efesiensi dan penurunan kapasitas kerja serta kelelahan merupakan mekanisme perlindungan tubuh agar tubuh menghindari kerusakan lebih lanjut.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kelelahan kerja pada pekerja pengisian air minum dalam kemasan di PT Bharata Sakti Persada Indramayu.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pekerja bagian pengepakan di PT Bharata Sakti Persada Indramayu sebanyak 32 responden.

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p-value jenis kelamin = 0,160 sehingga p > 0,05 hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap kelelahan kerja. Umur

: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh p-value = 0,000 sehingga p < 0,05 hal ini menunjukkan  bahwa ada pengaruh umur terhadap kelelahan kerja. Masa kerja : Berdasarkan hasil penelitian diperoleh p-value = 0,036 sehingga p < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa masa kerja berpengaruh terhadap kelelahan kerja.

Saran: Bagi perusahaan agar menyediakan makanan saat istirahat guna pengadaan asupan gizi bagi karyawan. Mengadakan pelatihan K3 secara rutin untuk menambah wawasan khususnya tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

rahmawati, ade, Amalianah, R. and Sutangi (2022) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pengisian Air Minum Dalam Kemasan Di PT Bharata Sakti Persada Indramayu Tahun 2021”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), pp. 288–292. Available at: https://afiasi.unwir.ac.id/index.php/afiasi/article/view/220 (Accessed: 10 December 2022).

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)