Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Pada Balita di Desa Purwajaya Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu Tahun 2019

  • Nur Laeli Syukuriyah prodi kesehatan masyarakat universiats wiralodra
  • Riyanto Martomijoyo Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UNWIR, Indramayu
  • Ade Rahmawati Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UNWIR, Indramayu
Keywords: Pendidikan, Pengetahuan, Dukungan Keluarga

Abstract

Imunisasi merupakan upaya pencegahan penyakit, Cakupan imunisasi di Jawa Barat tahun 2017 sebesar 99,2%, sedangkan data cakupan imunsasi Dinas Kesehatan Indramayu (71,4%), di Puskesmas Kedungwungu 31,6% dan di Desa Purwajaya 28,3%. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan ibu dalam pemberian imunisasi dasar pada balita di Desa Purwajaya Kecamatan Krangkeng tahun 2019. Desain penelitian ini adalah cross sectional yang dilaksanakan di Desa Purwajaya. Sampel penelitian 78 responden diambil secara accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Analisis data secara univariat dan bivariat. Hasil analisis univariat diperoleh 55,1% imunisasi tidak lengkap, berpendidikan rendah 69,2%, berpengetahuan kurang 23,1%, keluarga yang tidak mendukung 53,8%, Hasil analisis bivariat diperoleh p-value pendidikan (0,704) tidak memiliki hubungan yang signifikan, pengetahuan (0,000) dan dukungan keluarga (0,000), memiliki hubungan yang signifikan dengan pemberian imunisasi dasar pada balita. Pengetahuan dan dukungan keluarga merupakan faktor yang mempengaruhi kelangkapan pemberian imunisasi dasar pada bayi, oleh karena itu diisarankan kepada petugas kesehatan agar meningkatkan promosi kesehatan terutama tentang imunisasi.

Published
2019-09-03
How to Cite
Laeli Syukuriyah, N., Martomijoyo, R. and Rahmawati, A. (2019) “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Pada Balita di Desa Purwajaya Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu Tahun 2019”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), pp. 70-76. doi: 10.31943/afiasi.v4i2.62.
Section
Articles