Perbandingan Literasi Kesehatan Mahasiswa Aktif Fakultas Kesehatan dengan Non Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Authors

  • Hotma Akelina Butar Butar Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Lenci Aryani Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Eko Hartini Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Fitria Wulandari Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v9i2.368

Keywords:

Fakultas Kesehatan,, Fakultas Non Kesehatan, Literasi Kesehatan,, Mahasiswa

Abstract

Literasi kesehatan merupakan hal yang penting bagi siswa kesehatan karena mereka akan menjadi model bagi orang untuk melakukan perilaku sehat dan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, hasil pencarian kembali pada tahun 2016 terhadap mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro menunjukkan 40,3% responden memiliki tingkat literasi kesehatan yang rendah (likely inadequate dan likely peoblematic) sehingga perlu dilakukan penelitian tentang perbandingan literasi kesehatan pada mahasiswa kesehatan dan non kesehatan sebagai dasar tindak lanjut edukasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan tingkat literasi kesehatan pada mahasiswa fakultas kesehatan dengan non kesehatan di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan instrument HLS-EU-SQ10-IDN. Sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa yang terdiri dari 50 mahasiswa fakultas kesehatan dan 50 mahasiswa fakultas non kesehatan dengan metode “quota sampling”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan uji statistik independent t-test. Adapun rata rata indeks literasi kesehatan mahasiswa non fkes sebesar 29,58 hal ini lebih rendah dibandingkan mahasiswa fkes yaitu sebesar 33,94, sebanyak 48% mahasiswa fakultas kesehatan memiliki tingkat literasi kesehatan yang baik dan sebesar 38% pada mahasiswa fakultas non kesehatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara literasi kesehatan mahasiswa fakultas kesehatan dengan non kesehatan (p value 0.003 < 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Butar, H. A. B. ., Aryani, L. ., Hartini, E. . and Wulandari, F. . (2024) “Perbandingan Literasi Kesehatan Mahasiswa Aktif Fakultas Kesehatan dengan Non Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang ”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), pp. 146–154. doi: 10.31943/afiasi.v9i2.368.

Issue

Section

Articles